Keranda Terbang Lampor: Kisah Mistis yang Menyeramkan -->

Keranda Terbang Lampor: Kisah Mistis yang Menyeramkan

Sunday 7 July 2024, July 07, 2024

 

Foto: Keranda terbang, LAMPOR yang Sempat Menghebohkan publik

VISTORMISTERI.COM,Keranda terbang lampor adalah legenda mistis yang populer di Jawa, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Legenda ini menceritakan tentang hantu yang menyerupai keranda terbang yang dipercaya membawa sial dan kematian bagi siapapun yang melihatnya.


Asal Usul Legenda

Asal usul legenda keranda terbang lampor tidak diketahui secara pasti. Ada beberapa versi cerita tentang asal-usulnya, namun yang paling populer adalah:


 1.Versi pertama menceritakan tentang seorang wanita cantik yang dibunuh dan dimakamkan hidup-hidup oleh suaminya. Jiwanya yang penasaran kemudian bergentayangan sebagai keranda terbang untuk membalas dendam.


 2.Versi kedua menceritakan tentang seorang dukun sakti yang memiliki ilmu hitam dan dapat terbang dengan keranda. Dukun ini menggunakan kerandanya untuk mencelakai orang-orang yang tidak disukainya.


 3.Versi ketiga menceritakan tentang kerajaan yang dihantui oleh wabah penyakit. Raja kemudian memerintahkan untuk membakar mayat-mayat korban wabah. Namun, asap dari pembakaran mayat tersebut kemudian berubah menjadi keranda terbang yang menghantui kerajaan.


Ciri-ciri Keranda Terbang Lampor

Keranda terbang lampor biasanya digambarkan sebagai keranda kayu yang tua dan lapuk yang melayang di udara. Keranda ini biasanya dihiasi dengan kain putih dan bunga melati. Di dalam keranda tersebut, konon terdapat sesosok mayat yang sudah membusuk.


Penampilan Lampor

Lampor digambarkan sebagai sosok hantu yang menyeramkan. Lampor biasanya digambarkan sebagai wanita tua yang berambut panjang dan kusut, dengan mata yang merah dan gigi yang tajam. Lampor juga sering digambarkan sebagai sosok tanpa kepala.


Dampak Melihat Lampor

Konon, siapapun yang melihat lampor akan mengalami sial dan bahkan kematian. Lampor dipercaya dapat mencabut nyawa orang-orang yang melihatnya dengan cara mencekiknya atau menghisap darahnya.


Cara Menghindari Lampor

Ada beberapa cara yang dipercaya dapat digunakan untuk menghindari lampor, antara lain:

 • Menghindari keluar rumah pada malam hari.

 • Membawa jimat atau benda-benda pusaka.

 • Membaca doa-doa perlindungan.

 • Menghormati leluhur dan orang yang sudah meninggal.


Legenda keranda terbang lampor adalah legenda mistis yang masih populer hingga saat ini. Legenda ini menjadi pengingat bagi masyarakat untuk selalu berhati-hati dan menghormati leluhur serta orang yang sudah meninggal.


Penting untuk diingat bahwa legenda keranda terbang lampor hanyalah sebuah cerita rakyat dan tidak ada bukti ilmiah yang mendukung keberadaannya.


Namun, legenda ini tetap memiliki nilai budaya dan folklor yang penting dan perlu dilestarikan.


TerPopuler