Arti Azan Dan Iqamah ? Lengkap Lafal Adzan dan doa sesuah Adzan -->

Arti Azan Dan Iqamah ? Lengkap Lafal Adzan dan doa sesuah Adzan

Thursday 29 November 2018, November 29, 2018

 SCIENCE STUDIES - Menurut bahasa,adzan artinya "al-i'laam," 'pemberitahuan'  sedangkan menurut syariat,adzan adalah pemberitahuan bahwa waktu untuk mengerjakan shalat fardhu telah tiba,dengan menggunakan lafal-lafal yang telah di tentukan oleh syariat islam.orang yang melakukan adzan disebut muadzin atau bilal.

  menurut bahasa,iqamah artinya "mendirikan".sedangkan menurut syariat,iqamah artinya seruan bahwa shalat segera didirikan (dikerjakan) dengan menggunakan lafal-lafal tertentu.iqamah dilakukan setelah adzan.

 hukum adzan dan iqamah dalam shalat fardhu adalah sunat muakkad,baik shalat dengan berjamaah maupun shalat sendirian (munfarid).sedangkan untuk shalat sunat tak disunatkan adzan atau iqamah.jika hendak mengerjakan shalat sunat yang disunatkan berjamaah,maka cukup dengan mengucapkan :

        ASH SHALAATA JAAMI'AH
"mari kita kerjakan shalat berjamaah"


2.LAFAL ADZAN

(1)ALLAAHU AKBAR ALLAAHU AKBAR 2X
   allah maha besar allah maha besar.

(2) ASYHADU ALAA ILAAHA ILLALLAAG 2X
 aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain allah

(3) ASYHADU  ANNA MUHAMMADAR RASULULLAAH 2X
 aku bersakasi bahwa nabi muhammad utusan allah

(4)HAYYA ' ALASH SHALAAH 2X
  marilah kita dirikan shalat.


(5) HAYYA ' ALAL FALAAH 2X
 marilah kita menuju kemenangan.

(6)ALLAHU AKBAR ALLAAHU AKBAR 1X
  allah maha besar allah maha besar.


(7)LAA ILAAHA ILLALLAAH 
  tiada tuhan selain allah.

pafa adzan subuh,setelah mengucapkan ( HAYYA ' ALALFALLAH) di ucapkan lafal :

ASH SHALAATU KHAIRUM MINAN NAUM
 "Shalat itu lebih baik dari pada tidur"


  pada saat mengucapkan lafal,"HAYYA 'ALASH SHALAAH" disunatkan berpaling ke kanan ,sedangkan pada saat mengucapkan lafal "HAYYA 'ALAL FALAAH" disunatkan berpaling ke kiri.

3.DOA SESUDAH ADZAN
ALLAAHUMMA RABBA HAADZIHID DA'WATIT TAAMMAH WASH-SHALAATIL QAA'IMAH.AATI SAYYIDANAA MUHAMMADANIL WASIILATA WAL-FADHIILAH.WASY-SYARAFA WAD-DARAJATAL  ' AALIYATAR RAFII 'AHWAB ' ATSHUL MAQAAMAL MAHMUUDAL LADZII WA'ADTAHU INNAKA LAA TUKHLIFUL MII'AAD.

Artinya :
"ya allah,tuhan pemilik seruan yang sempurna ini,dan shalat  yang akan didirikan ! berikanlah junjungan kami,nabi muhammad wasilah,keutamaan,kemulian,dan derajat yang tinggi ! dan angkatlah ia ke tempat (kedudukan) yang terpuji ,yang telah kau janjikan kepadanya.sesungguhnya engkau tak akan menyalahi janji!"

TerPopuler